Kamis, 03 November 2011

Hukum menerima hadiah bagi hakim dan pegawai adalah tidak boleh (haram)

Oleh : Kementerian Keuangan - Indonesia


Untuk para hakim dan pegawai pemerintah, terdapat keterangan yang mengkhususkan bahwa mereka tidak boleh menerima hadiah, berdasarkan hadis-hadis sebagai berikut;



رياض الصالحين (تحقيق الدكتور الفحل) – (1 / 164)

(1)- وعن أبي حُمَيدٍ عبد الرحمان بن سعد السَّاعِدِي – رضي الله عنه – ، قَالَ : اسْتَعْمَلَ النَّبيُّ – صلى الله عليه وسلم – رَجُلاً مِنَ الأزْدِ((2)) يُقَالُ لَهُ : ابْنُ اللُّتْبِيَّةِ عَلَى الصَّدَقَةِ ، فَلَمَّا قَدِمَ ، قَالَ : هَذَا لَكُمْ ، وَهَذَا أُهْدِيَ إِلَيَّ ، فَقَامَ رسولُ الله – صلى الله عليه وسلم – عَلَى المِنْبَرِ فَحَمِدَ الله وَأثْنَى عَلَيهِ ، ثُمَّ قَالَ : (( أمَّا بَعدُ ، فَإِنِّي أسْتَعْمِلُ الرَّجُلَ منْكُمْ عَلَى العَمَلِ مِمَّا وَلاَّنِي اللهُ ، فَيَأتِي فَيَقُولُ : هَذَا لَكُمْ وَهَذا هَدِيَّةٌ أُهْدِيتْ إلَيَّ ، أفَلا جَلَسَ في بيت أبِيهِ أَوْ أُمِّهِ حَتَّى تَأتِيَهُ هَدِيَّتُهُ إنْ كَانَ صَادِقاً ‍، واللهِ لا يَأخُذُ أحَدٌ مِنْكُمْ شَيئاً بِغَيرِ حَقِّهِ إلاَّ لَقِيَ الله تَعَالَى ، يَحْمِلُهُ يَوْمَ القِيَامَةِ، فَلا أعْرِفَنَّ أحَداً مِنْكُمْ لَقِيَ اللهَ يَحْمِلُ بَعيراً لَهُ رُغَاءٌ، أَوْ بَقَرَةً لَهَا خُوَارٌ ، أَوْ شَاةً تَيْعَرُ )) ثُمَّ رفع يديهِ حَتَّى رُؤِيَ بَيَاضُ إبْطَيْهِ ، فَقَالَ :

(( اللَّهُمَّ هَلْ بَلَّغْتُ )) ثلاثاً مُتَّفَقٌ عَلَيهِ .

“Dari Abu humaid Abdurrahman bin Sa’d Assa’idy ra.. berkata:’ Rasulullah menugaskan seseorang dari suku Azdi yang bernama Ibnu Al Lutbiyyah untuk mengumpulkan zakat, kemudian ketika orang tersebut datang kepada beliau dan berkata: ‘ini buat tuan dan ini hadiah untuk saya’; Rasulullah saw lantas berdiri diatas mimbar terus memuji dan menyanjung Allah serta bersabda;’ kemudian daripada itu, sesungguhnya aku telah menugaskan seseorang diantara kamu untuk suatu tugas yang diberikan Allah kepadaku, kemudian ia berkata:’ ini buat tuan dan ini hadiah untuk saya’

Mengapa ia tidak duduk saja di rumah ayah atau ibunya, sehingga nanti datang hadiah itu kepadanya , seandainya ia orang yang benar. Demi Allah, seseorang diantara yang mengambil sesuatu bukan haknya , niscaya di hari kiamat akan menghadap Allah dengan memikul sesuatu itu, maka saya tidak ingin salah seorang diantara kalian menghadap Allah dengan memikul onta, lembu atau kambing yang mengembik’ Kemudian beliau mengangkat kedua tangannya sehingga terlihat putih kedua ketiak beliau seraya berkata;’ Wahai Allah bukankah saya telah menyampaikan?’ sebanyak tiga kali (Hadis muttafaqun alayh, dikutip dari Riyadhus Sholihin juz 1 hal 164)

Hadis yang lain lebih tegas:

سنن أبى داود – (8 / 169)

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ

عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ مَنْ اسْتَعْمَلْنَاهُ عَلَى عَمَلٍ فَرَزَقْنَاهُ رِزْقًا فَمَا أَخَذَ بَعْدَ ذَلِكَ فَهُوَ غُلُولٌ

“Dari Abdullah bin Buraidah dari Bapaknya Rasulullah saw bersabda:’ Barangsiapa bekerja dan telah mendapat gaji, maka pendapatan yang selebihnya dikatakan ghulul’ (Hadis Abu Dawud No 2554)

جامع الأحاديث – (22 / 323)

هدايا العمال غلول (أحمد ، والطبرانى ، وابن عدى ، والبيهقى عن أبى حميد الساعدى)

“Dari Abu Humaid Assa’ady: Rasulullah bersabda :’ hadiyah kepada pegawai dianggap sebagai ghulul” (hadis riwayat Ahmad, Thabrani, Bayhaqi dan Ibnu “Adi, dikutip dari Jami’ul Ahadis, hadis no. 25011)

Hadis yang senada dengan hadis diatas banyak hanya beda redaksi sedikit dan beda sanadnya

Apa itu ghulul?

جامع الأحاديث – (1 / 274)

الغُلُول هو الخيانة فى المغْنَم والسَّرِقَة من الغَنِيمة قبل القِسْمة

“ghulul adalah hianat terhadap harta pampasan perang dan mencuri harta pampasan perang sebelum dibagi” (Jami’ul Ahadis Juz 1 hal. 274)

Bagaimana para ‘ulama memahami hadis-hadis ini? Salah satunya adalah yang terdapat dalam kitab Al Fiqh al Islam wa ‘Adillatuhu karya Prof Dr. Wahbah Zuhaili

الفقه الإسلامي وأدلته – (8 / 101)

لا يقبل القاضي هدية أحد إلا من ذي رحم محرم، أو ممن جرت عادته قبل القضاء بمهاداته؛ لأن المقصود في الأول صلة الرحم، وفي الثاني استدامة المعتاد. والحاصل أن المهدي إذا كان له خصومة في الحال يحرم قبول هديته، لأنها بمعنى الرشوة

“seorang hakim (termasuk pegawai) dilarang menerima hadiah, kecuali dari saudaranya yang digolongkan mahram atau dari seseorang yang sudah biasa bertukar hadiah sebelum dia diangkat menjadi hakim atau pegawai, yang pertama dimaksudkan agar tetap terjaga silaturrahim, sedangkan yang kedua dimaksudkan agar kebiasaan yang baik tidak menjadi hilang. Namun ada syarat lain si pemberi hadiah tidak dalam keadaan berperkara (berurusan) dengannya, apabila berurusan dianggap risywah (Al Fiqh Al Islami wa Adillathuhu Juz 8 hal 101)

Tidak ada komentar: