Jumat, 09 Oktober 2009

Angin Puting Beliung menimpa Tambak Sirang Baru

BANJARMASIN--MI: Sedikitnya 20 rumah di Desa Tambak Sirang Baru, Kecamatan Gambut, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel), rusak akibat diterjang angin puting beliung.

Bupati Banjar Gusti Khairul Saleh, Kamis (8/10), mengatakan bencana angin yang menghantam puluhan rumah petani di wilayahnya ini terjadi pada Rabu (7/10) petang. "Pemerintah daerah telah mendistribusikan bantuan tanggap darurat bagi warga korban bencana," katanya.

Selain merusah 20 rumah warga, sejumlah fasilitas umum seperti langgar di desa itu juga rusak dan dua di antaranya hancur. Lebih dari 50 warga kini terpaksa tinggal di tenda-tenda darurat.

Tidak ada korban jiwa dalam terjangan angin puting beliung tersebut, namun kerugian yang diderita warga diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah. "Saat ini sebagian warga mulai melakukan perbaikan rumah-rumah mereka yang rusak," tambahnya.

Khairul mengakui wilayahnya sangat rentan terhadap bencana angin puting beliung dan banjir. Sepekan sebelumnya, dua rumah warga di kabupaten itu juga hancur akibat diterjang bencana yang sama.

Kepala Sub Dinas Bantuan Sosial Dinas Kesejahteraan Sosial (Kessos) Kalimantan Selatan Jakaria membenarkan Kabupaten Banjar merupakan daerah paling rawan terjadi bencana angin ribut di Kalsel.

"Dalam sepekan terakhir kondisi cuaca buruk berupa hujan deras disertai badai melanda sejumlah daerah," katanya.

Menurut catatan Dinas Kessos Kalsel, sepanjang 2009 terjadi 21 kali bencana angin ribut, tiga kali bencana longsor dan 13 kali banjir. Jumlah warga yang terkena dampak bencana alam tersebut mencapai 19.366 keluarga dengan angka kerugian sekitar Rp1 miliar lebih.(DY/OL-01)
http://www.mediaindonesia.com

Tidak ada komentar: